rp0bNChIFHEQLNOWnNlTR7tYV3Qi69riOvEhpJHL
Cara Mudah Mengatasi URL yang Diblokir oleh Facebook

Cara Mudah Mengatasi URL yang Diblokir oleh Facebook


Selamat datang di blog Samied , kali ini saya akan share cara mengatasi dan membuka tautan link atau URL blog / website yang diblokir oleh Facebook. Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi yang beberapa waktu lalu setelah mendaftarkan sebuah domain baru untuk salah satu blog yang saya miliki.

Mungkin bukan hanya saya saja , untuk mempromosikan blog baru , saya sering melakukan share postingan blog ke berbagai Group Facebook ( bahkan sampai puluhan group ), demi mendapatkan trafik. Jangan dicontoh yang gan hahaha.

Kurang dari satu hari saya mendapatkan notifikasi dari Facebook, bahwa url link dari postingan saya dianggap spam oleh system keamanan mereka. Sampai saya sama sekali tidak bisa share link postingan blog saya ke Facebook.

Awalnya sih hanya satu postingan saja yang diblokir, namun setelah beberapa lama, pihak Facebook pada akhirnya memblokir semua postingan yang pernah saya share ke Facebook, bahkan domain saya pun ikutan diblokir, Hmmm jadi sedih .

Sistem Keamanan Facebook Telah Diupgrade

Pada saat ini memang keamanan sistem Facebook lebih diperketat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mereka terus mengupgrade sistem keamanannya dari tahun ke tahun. Ini semua berdampak positif bagi pengguna Facebook, akan tetapi terkadang menjadi kesalahan deteksi, seperti kasus yang saya alami.

Semua ini mungkin bentuk antisipasi Facebook terhadap penggunaan tools share otomatis yang kian semakin banyak digunakan. Sehingga apabila kita share postingan ke banyak grup , mungkin Facebook mengira bahwa kita menggunakan tools tersebut.

Penyebab Tautan Web Diblokir oleh Pihak Facebook

Adapun beberapa alasan penyebab mengapa tautan web atau blog kita diblokir oleh Facebook karena dianggap spam di status beranda grup maupun profil sendiri.

1. Terlalu Banyak Mengirim URL Dalam Waktu Berdekatan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, faktor salah satu penyebab tautan URL web atau blog diblokir Facebook yaitu karena kamu terlalu sering share postingan url dalam waktu yang berdekatan ( mungkin berbeda beberapa detik atau menit). Jika kegiatan ini terus-menerus diulang, terlebih apabila mengandung kalimat yang sama , ini Kana membuat sistem Facebook berfikir bahwa konten tersebut adalah sebuah spam .

2. Dilaporkan Spam Oleh Pengguna Lain

Penyebab lain URL dianggap sebagai spam yaitu ada pengguna lain yang merasa risih , tidak nyaman atau terganggu dengan postingan yang kita bagikan, mereka akan melaporkan ke pihak Facebook. URL yang dilaporkan tidak akan langsung terblokir dan dianggap spam kok. Pihak Facebook akan tetap review , jika benar mengganggu maka baru akan diblokir.

3. Tautan URL Bahaya

Jika Facebook menandai tautan URL berbahaya , mungkin link yang kamu bagikan mengandung unsur web phis*ng, scamm*r, f*ke login, atau bentuk kejahatan internet lainnya yang menipu. Inilah fungsi dari sistem keamanan Facebook , mereka bisa menganalisa dan mendeteksi URL yang anda bagikan.

4. Tautan URL Melanggar Kebijakan Facebook

Sebagai pengguna Facebook kita harus mengetahui beberapa konten yang dilarang seperti konten p*rnografi, penjualan nark*ba, menyakitkan diri sendiri, bullying dan pelecehan, serangan kepada tokoh publik, aktifitas kriminal, ujaran kebencian, konten dan grafis kekerasan, serta konten sensitif lainnya. Kamu bisa membacanya dengan lengkap di Facebook Comunity Standards.

Mengatasi URL Tautan Link diblokir oleh Facebook

Bila memang sudah terlanjur diblokir oleh Facebook, kamu tenang saja jangan khawatir. Kamu bisa kok mengajukan banding ke Facebook, untuk meminta membuka blokirnya. Silakan kamu ikuti langkah-langkah berikut.

Mengajukan Banding

Kamu bisa mengajukan banding ke Facebook dengan memberikan alasan dan meyakinkan pihak Facebook bahwa tautan link url milik anda bukan spam.

1. Kunjungi link Bantuan Facebook

2. Jika Anda pemilik situs yang di blokir silahkan pilih tujuan tautan "Ini adalah situs web yang saya miliki/promosikan".


3. Isi deskripsi atau alasan banding Anda. Pastikan alasan Anda bisa meyakinkan pihak Facebook.

4. Sampai disini, banding sudah Anda lakukan.

Selanjutnya tinggal menunggu hasil banding. Nah, menunggu hasil banding itu yang berat, tidak ada sama sekali notifikasi kapan hasil banding akan keluar.

Mungkin ada email masuk saat pertama kali banding namun isinya kurang memuaskan karena pihak Facebook tidak menerima dukungan secara individu.

Anda juga bisa melihat isi email tersebut aplikasi Facebook. Tekan Menu > Pusat Bantuan > Pesan Masuk Dukungan.

Tips Tambahan, jika banding Anda tidak dijawab, coba Anda lakukan banding berkali-kali. Kemudian coba minta bantuan teman atau keluarga untuk melakukan banding melalui akun Facebook nya.

Caranya sama saat Anda banding, hanya tujuan tautan nya pilih "Saya hanya mencoba membagikan tautan ini".

Deskripsinya bisa Anda contoh berikut ini :
Saya mencoba membagikan link dari situs (URL/Domain Anda) di sebuah group, namun URL situs tersebut ditandai sebagai SPAM. Mohon bantuan pihak Facebook untuk membuka blokir situs tersebut, karena link yang akan saya bagikan mungkin berguna dan bermanfaat bagi para anggota di group, terima kasih.
Atau bisa dengan kata berikut:
Saya kesulitan untuk berbagi produk yang ada di website saya yang beralamat di (domain kamu) karena tautan tersebut diblokir facebook. Saya mohon kepada pihak facebook untuk meninjau tautan saya itu. Semoga saya bisa melakukan promosi dan beriklan di facebook dengan alamat website saya itu.

Tips Supaya URL tidak diblokir oleh Facebook

Sekarang kamu perlu tahu alasan umum mengapa link/tautan diblokir Facebook, berikut beberapa pedoman yang harus anda taati saat share dan menyebabkan link ke halaman, grup , maupun beranda profil kamu.

1. Ikuti Pedoman Facebook

Dengan mengikuti pedoman dari Facebook dan tidak melanggar ketentuannya maka akan lebih aman ketika anda menyebarkan dan share link tautan ke halaman maupun grup. Perlu diingat kamu harus tetap Update terkadang mereka mengubah kebijakannya.

2. Tidak Berlebihan Menyebar Link

Pekerjaan sebagai seorang blogger dan marketing adalah mempromosikan produk dan layanan yang mereka berikan, namun jika kamu berlebihan dalam mempromosikan lewat link yang kamu bagikan, ini akan membuat pengguna lain merasa risih dan tidak nyaman sehingga memungkinkan untuk melaporkan link tersebut ke pihak Facebook.

3. Jangan menyesatkan

Baik itu di media sosial atau situs sendiri, jangan pernah menyesatkan pengunjung. Reputasi bisnis tergantung bagaimana startegi marketing dalam menggunakan kata-kata yang jelas untuk menyampaikan siapa Anda dan bisnis usaha apa yang dipomosikan. Jika pengunjung Anda merasa tersesat, mungkin akan meninggalkan perusahaan Anda dan menyimpan perasaan negatif dengan menyatakan bahwa mereka tertipu oleh link promosi tersebut.

Oke cukup sekian tentang Cara Ampuh Mengatasi URL yang Diblokir Facebook 100% Berhasil , semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Dimas Arief
Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.
Newer Oldest

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post

Samied
Administrator

Tidak normal tapi spesial.Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.